berbagi informasi apa saja

Rabu, 01 April 2015

Para Ahli Temukan Bakteri Pemicu Bau Badan Tak Sedap

Tak mudah menangkal bau badan yang kurang sedap kerap yang membandel. Penggunaan deodoran pun biasanya hanya mampu bertahan beberapa jam saja. Namun kini para ahli telah mengenali pemicu utama bau tersebut.

Sumber berita :
Kompas Health

Sebuah penelitian baru menunjukkan dengan tepat gen bakteri yang berperan utama terhadap timbulnya aroma tak sedap dari tubuh. Para peneliti pun mengungkapkan bahwa temuan ini bisa mengarah pada cara baru mengontrol masalah bau badan.

Bau badan timbul ketika bakteri di kulit memecah molekul dalam keringat. Dalam studi baru ini, para peneliti menemukan DNA di bakteri Staphylococcus hominis penghasil protein yang memecah molekul keringat.

Protein ini bertanggung jawab dalam memecah molekul keringat ke dalam senyawa yang berperan besar dalam bau badan. Senyawa tersebut tajam dalam jumlah kecil, yakni sekitar satu bagian per triliun. Menurut penelitian ini, salah satu gen dalam Staphylococcus hominis juga ditemukan dalam dua spesies bakteri Staph terkait bau badan.

Penelitian baru ini dipresentasikan di acara tahunan Society for General Microbiology di Birmingham, Inggris. Penelitian dalam pertemuan tersebut umumnya dianggap dalam tahap awal sampai dipublikasikan dalam jurnal.

"Penelitian ini secara signifikan meningkatkan pemahaman kami tentang proses biokimia spesifik yang terjadi dalam produksi bau badan. Mengejutkan bahwa bau badan tertentu diproduksi oleh sejumlah kecil spesies bakteri yang menetap di ketiak," terang pemimpin penelitian asal University of York, Inggris, Dan Bawdon.

Ia menambahkan, temuan ini dapat membantu menemukan cara yang lebih baik dalam mengontrol bau badan. Deodoran dan antiperspiran tradisional bekerja membunuh semua tipe bakteri ketiak atau menghalangi kelenjar keringat. Dengan hadirnya hasil penelitian ini, diharapkan adanya kandungan atau senyawa baru yang bisa melawan sumber bau tak sedap ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

TERKAIT

Powered By Blogger
mabad999@informasi. Diberdayakan oleh Blogger.

pemandangan malam

pemandangan malam